CatatanSehat » Kecantikan » 5 Cara Mengatasi Wajah Berminyak : Mudah dan Simple

5 Cara Mengatasi Wajah Berminyak : Mudah dan Simple

Cara mengatasi wajah berminyak tidaklah sulit. Kulit berminyak bagi wanita tentu sangat menganggu karena menjadi penyebab mudahnya jerawat bermunculan. Minyak yang berlebih selain mengganggu penampilan juga menjadi akar masalah pada kulit wajah.

Jenis kulit wajah setiap orang berbeda-beda. Pemilik wajah berminyak akan merasakan kulitnya cenderung tebal, mengkilap dengan pori-pori terbuka sehingga mudah mengalami jerawat karena adanya penumpukan minyak. Maka pemilik jenis kulit berminyak ini perlu menentukan perawatan yang tepat.

Meski orang dengan muka berminyak lebih jarang mengalami keriput dibanding dengan pemilik kulit normal atau kering. Tetap saja, kulit berminyak membutuhkan perhatian lebih.

Berikut langkah mudah sebagai cara mengatasi kulit berminyak:

1. Cuci Muka dengan Benar

cuci muka

Cuci muka adalah perawatan mendasar. Bagi kulit berminyak, cuci muka sebaiknya menggunakan air hangat karena berfungsi mengangkat minyak berlebih.

Jangan lupa pilih sabun muka untuk kulit berminyak. Hindari produk pembersih yang mengandung pelembap.

2. Gunakan Scrub

scrub wajah berminyak

Pada wajah berminyak, pori-pori lebih besar. Sehingga pemilik kulit berminyak disarankan untuk rutin membersihkan wajah dengan scrub agar kotoran yang tersumbat di pori-pori dan tertutupi oleh minyak dapat terangkat.

Gunakan scrub setidaknya 2 kali dalam seminggu. Namun, hindari menggosok terlalu keras, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

3. Tepuk Wajah Setelah Menggunakan Toner

toner wajah berminyak

Selain mencuci muka, penggunaan toner juga bermanfaat sebagai cara mengatasi wajah berminyak. Toner ini berfungsi untuk mengangkat semua kotoran dan minyak di kulit wajah secara sempurna.

Setelah menggunakan toner, tepuk-tepuk wajah sampai kering. Hal ini lebih baik dibandingkan menggunakan handuk atau kain karena dapat menarik kulit wajah.

4. Gunakan Masker Wajah Antiminyak

masker untuk wajah berminyak

Penggunaan masker untuk kulit berminyak juga bermanfaat mengontrol minyak berlebih pada wajah. Beberapa produk untuk  wajah berminyak telah tersedia.

Daripada pusing mencari masker dipasaran, masker alami untuk kulit berminyak lebih mudah dan ampuh loh!

Salah satunya adalah masker putih telur. Selain menyerap minyak, kulit pun semakin kencang. Bahan alami lainnya yang dapat digunakan adalah lemon, gunakan kapas untuk mengoleskan perasan lemon di wajah.

Kamu juga bisa mengkombinasi keduanya. Campurkan lemon dan putih telur sebagai masker anti minyak. Lakukan dengan rutin sekali dalam seminggu, dan jangan lupa menggunakan air hangat untuk membilasnya.

5. Pilih Make-up yang Sesuai

make up

Jika kamu pemilik muka berminyak namun tidak bisa terlepas dari make up, maka sangat penting untuk memilih produk untuk kulit berminyak dengan baik.

Lebih disarankan untuk menggunakan bedak loose face powder atau bedak bubukdaripada pressed powder atau bedak padat. Sebab bedak padar karena dapat memunculkan noda, menutup pori-pori bahkan memicu terjadinya jerawat pada kulit berminyak

Catatan Sehat:

Bagi kamu yang memiliki wajah berminyak, tidak perlu khawatir berlebihan! Lakukan treatment diatas sebagai cara mengatasi wajah berminyak dengan rutin. Serta selalu sediakan blotting paper atau kertas minyak untuk menyerap minyak pada wajah.

Share this:

Fajrin Violita

One thought on “5 Cara Mengatasi Wajah Berminyak : Mudah dan Simple

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *