CatatanSehat » Ibu & Anak » 8 Makanan Sehat Cegah Covid-19, Wajib Coba!

8 Makanan Sehat Cegah Covid-19, Wajib Coba!

Pandemi virus corona masih menjadi pembicaraan hangat. Virus yang dapat menular melalui droplet ini menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat yang hendak beraktivitas diluar rumah.

Penggunaan masker, faceshield, serta rajin mencuci tangan menjadi kunci untuk memutus rantai penularan virus ini.

Kunci yang penting adalah menjaga sistem imunitas tubuh kita sebab virus corona dapat menyerang siapa saja terutama pada orang dengan kekebalan tubuh yang lemah.

Maka dari itu banyak disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat sebagai langkah untuk cegah virus corona. Simak beberapa makanan berikut yang dapat cegah virus corona:

1. Ikan

Seafood memang favorit banyak orang. Rasa yang enak dan khasiat menyehatkan. Ikan menjadi salah satu makanan sehat yang dipercaya dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Ikan berminyak seperti salmon, tuna, dan sarden memiliki kandungan seperti asam lemak omega-3, serta Vitamin A, D, B6, dan B12 yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Cegah Covid-19 dengan sertakan selalu ikan dalam menu sarapan sehat maupun dalam menu makan malam sehat kamu.

2. Jahe

Jahe memiliki sifat menghangatkan tubuh. Tanaman rempah ini dikenal ampuh menjaga sistem kekebalan tubuh dan dapat mengurangi peradangan kronis pada tubuh seseorang.

Kandungan curcumin yang diketahui ampuh menangkal Covid-19. Sejak disebut manfaatnya jahe sebagai bahan yang ampuh cegah corona. Jahe pun menjadi sasaran masyarakat.

Cara pembuatannya pun cukup mudah, kupas dan bersihkan jahe. Siapkan juga temulawak dan kunyit dan potong menjadi beberapa bagian. Rebus semua bahan hingga air menjadi bewarna orange pekat.

Jika air sudah mendidih dan berubah warna, pisahkan air dengan bahan. Tuang ke dalam gelas dan diamkan hingga hangat. Jamu buatan rumah ini siap untuk di konsumsi untuk tingkatkan sistem imunitas tubuh kamu!

3. Bawang putih

Bahan dapur satu ini juga dikenal khasiatnya sebagai penunjang sistem kekebalan tubuh. Bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan antivirus, kandungan antioksidan seperti potassium, kalsium, seng, dan fosfor dipercaya dapat memperkuat sistem pernafasan, dam menambah jumlah sel darah putih.

Beragam makanan dan minuman sehat penangkal virus corona dapat kamu buat dengan bawang putih. Kalian juga dapat mengonsumsi bawang putih dengan cara memakan mentah bawang putih sebelum tidur. Hal ini dipercaya dapat menangkal virus corona.

4. Lemon

Lemon kaya dengan kandungan vitamin C. Kandungan tersebut menjadi sumber makanan untuk meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan berbagai penyakit.

Selain menjadi makanan dan minuman sehat penangkal corona. Lemon juga dikenal menjadi bahan infuse water untuk detoksifikasi racun dalam tubuh. Dapat kalian konsumsi dengan mudah setiap hari.

Cara membuat infuse water lemon mudah saja lho! Bersihkan dan potong iris 2 buah lemon, buang bijinya dan masukkan dalam 1 liter air putih. Kamu juga bisa tambahkan daun mint atau madu sebagai penambah rasa.

Diamkan selama 1 jam dan infused water lemon siap diminum menemani sarapan sehat kamu. Ingat ya, konsumsi infused water tersebut kurang dari 4 jam. Lebih dari itu justru akan menimbulkan rasa pahit.

5. Yogurt

Yogurt dapat mencegah corona

Yogurt dikenal sebagai makanan fermentasi dengan kandungan probiotik yang baik untuk sistem imunitas tubuh. Kandungan probiotik tersebut efektif untuk melawan masalah  infeksi saluran pernapasan seperti influenza.

Nah, yogurt dapat dengan mudah kamu temukan di minimarket sekitar rumah. Sebaiknya cari yogurt dengan kandungan gula yang rendah ya. Opsi ini dapat kamu jadikan menu sarapan sehat sekaligus mencegah virus corona!

6. Bayam

Banyak konsumsi bayam sebagai menu sayuran sehat kamu. Vitamin A, C, B kompleks, E, dan K, mineral magnesium, asam folat, zat besi, kalsium sodium, dan potassium, serta antioksidan dan betakaroten adalah kandungan bayam.

Semua kandungan tersebut menjadi bahan utama cegah virus Covid-19. Karena itulah, bayam juga menjadi favorit menu makan untuk ibu hamil.

Kalian bisa mengolah sayur bayam sesuai olahan favorit kalian untuk menjadi sarapan sehat ataupun menu makan malam sehat kamu!

7. Brokoli

Selain bayam, sayuran sehat lainnya dengan segudang manfaat adalah brokoli. Kandungan brokoli berperan aktif membantu mencegah proses oksidasi dan radikal bebas pada sel dan organ tubuh kita yang baik untuk mencegah Covid-19.

Brokoli dapat menjadi bahan makanan dan minuman sehat dirumah lho! Kukusan brokoli bisa menjadi referensi makan malam sehat kamu karena nutrisi penting yang ada di dalamnya tidak hilang.

Selain itu, kamu juga bisa membuat jus dari brokoli dan menjadi sarapan sehat dipagi hari. Pada ibu hamil, tingkatkan sistem kekebalan dengan menjadikan brokoli sebagai sayuran sehat dalam menu makan siang untuk ibu hamil ya!

8. Almond

Almond mencegah korona

Kacang-kacangan ini kaya akan vitamin E yang diperlukan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Vitamin E menjadi salah satu makanan yang dipercaya ampuh cegah virus corona COVID-19 karena kandungan antioksidannya.

Sambil beraktivitas, almond bisa menjadi rekomendasi cemilan sehat untuk mencegah virus Covid-19. Almond dapat juga diolah menjadi kue kesukaan kamu lho.

Catatan Sehat:
Dimasa new normal atau adaptasi kebiasaan baru ini, jangan lupa untuk tetap aktif bergerak, seimbangkan konsumsi sumber vitamin ya!

Masker dan handsanitizer wajib ada ditas kamu saat keluar rumah ya. Ayo bersama cegah Covid-19!

Share this:

Fajrin Violita

One thought on “8 Makanan Sehat Cegah Covid-19, Wajib Coba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *