CatatanSehat » Kecantikan » Kenali 5 Jenis Kulit Wajah Sebelum Memilih Skincare

Kenali 5 Jenis Kulit Wajah Sebelum Memilih Skincare

Secara umum terdapat 5 jenis kulit wajah, yaitu normal, kering, berminyak, kombinasi dan terakhir adalah kulit sensitif. Setiap jenis tentu membutuhkan perawatan yang berbeda.

Mengenali jenis kulit sangat penting untuk menentukan produk dan metode perawatan yang akan digunakan. Jika tidak sesuai, alih-alih mendapatkan kulit cantik, sebaliknya masalah kulit akan muncul.

Berikut 5 jenis kulit wajah secara umum. Kenali jenis kulitmu!

1. Kulit Normal

kulit normal

Kulit normal memiliki tekstur halus dan lembut, pori-pori kecil dan jarang mengalami komedo, jerawat dan masalah kulit lainnya.

Pada kulit normal akan merasa sangat nyaman karena tidak kering, tidak berminyak sehingga mudah menentukan produk perawatan dan bebas menggunakan masker wajah dengan berbagai varian.

2. Kulit Berminyak

jenis kulit wajah berminyak

Jenis kulit ini cenderung tebal, mengkilap dengan pori-pori terbuka sehingga mudah mengalami jerawat jika tidak dirawat dengan baik.

Pemilik jenis kulit ini perlu menentukan pembersih wajah khusus untuk mengatasi minyak berlebih. Dalam pemilihan masker untuk kulit berminyak juga menjadi penting.

3. Kulit Kering

kulit wajah kering

Berbeda dengan kulit berminyak, pada jenis kulit wajah kering akan terasa kasar, mudah gatal dan untuk kasus yang parah akan terlihat seperti bersisik.

Perawatan pada jenis kulit muka kering ini adalah menggunakan pelembab secara rutin, hindari paparan matahari berlebih, dan perbanyak konsumsi air putih. Gunakan juga serum untuk kulit kering sebagai salah satu perawatan kulit kering kamu!

4. Kulit Kombinasi

kulit wajah kombinasi

Tipe kulit ini adalah kombinasi antara berminyak atau kering. Biasanya wajah akan terlihat berminyak hanya pada beberapa bagian, misalnya pada T-zone area yaitu hidung dahi dan juga dagu.  

Perawatan kulit kombinasi perlu dilakukan dengan cermat, gunakan pelembab pada daerah yang kering. Sedangkan pada daerah yang berminyak lakukan pembersihan secara rutin dan hindari produk yang banyak mengandung minyak.

5. Kulit Sensitif

wajah sensitif

Jenis kulit sensitif ini sangat mudah mengalami iritasi. Hal tersebut dikarenakan kondisi yang sangat kering. Kulit sensitif biasanya diakibatkan karena sering mengganti produk perawatan wajah sehingga kulit luar menipis. 

Ciri kulit sensitif mirip dengan kulit kering. Namun, pada jenis ini lebih rentan mengalami kemerahan, bersisik dan terasa gatal. Oleh karena itu, treatment wajah dengan kulit sensitif perlu ekstra hati-hati dalam memilih produk perawatan.

Catatan Sehat:

Sebelum melakukan treatment wajah, kenali dengan baik jenis kulit wajah kamu ya! Hal ini penting sebelum menentukan metode atau produk perawatan yang akan digunakan agar tidak menimbulkan efek samping.

Share this:

Fajrin Violita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *