CatatanSehat » Ibu & Anak » Waspada Risiko Anemia! Berikut Tips Pencegahan Anemia pada Ibu Hamil

Waspada Risiko Anemia! Berikut Tips Pencegahan Anemia pada Ibu Hamil

Pencegahan anemia pada ibu hamil sangat penting. Sebab jika tidak, akan beresiko menghambat perkembangan janin, kelahiran prematur, berat badan bayi lahir rendah hingga mengakibatkan kematian karena perdarahan pasca persalinan.

Saat hamil, volume darah dalam tubuh ibu meningkat sehingga mengambil lebih banyak zat besi dan asam folat. Jika kekurangan zat besi tersebut maka dapat menyebabkan anemia ibu hamil.

Anemia atau darah rendah kerap dialami ibu hamil karena adanya perubahan fisiologis yang bisa memengaruhi kadar sel darah merah atau hemoglobin. Selain itu, asupan nutrisi dan vitamin ibu hamil yang tidak seimbang juga memicu kekurangan zat besi sehingga anemia akhirnya terjadi. 

Umumnya pada ibu hamil yang mengalami morning sickness, asupan nutrisi menjadi sangat kurang. Hal ini juga mendorong terjadinya anemia dan sering diabaikan para ibu hamil.

Pencegahan anemia dilakukan dengan cara mencukupi kebutuhan zat besi dan asam folat untuk mendorong produksi sel darah merah. Simak tips berikut untuk langkah pencegahan anemia ibu hamil:

1. Konsumsi Vitamin atau Suplemen Zat Besi dan Asam Folat

suplemen tambah darah

Konsumsi suplemen tambahan pada ibu hamil sangat disarankan. Hal tersebut dikarenakan ibu hamil yang mengalami morning sickness sulit untuk makan dan pemenuhan kebutuhan nutrisi menjadi kurang.

Suplemen zat besi dan asam folat tambahan bisa anda peroleh di apotik. Tetapi lebih dianjurkan untuk dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Umumnya dianjurkan 60 mg zat besi dan 400 mcg asam folat. 

2. Tingkatkan Asupan Makanan Kaya Zat Besi

cegah anemia dengan  makanan zat besi

Makanan berprotein seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki zat besi yang tinggi. Selain itu makanan bersumber dari sayuran hijau seperti bayam, sereal dan gandum juga disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil.

Konsumsi makanan dengan kandungan zat besi tersebut menjadi cara termudah untuk mengatasi kurang darah atau anemia pada ibu hamil.

3. Meningkatkan Konsumsi Makanan Sumber Vitamin C

makanan bervitamin C atasi anemia

Vitamin C memiliki manfaat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Oleh karena itu, cara ini juga ampuh sebagai cara pencegahan anemia.

Vitamin C banyak diperoleh dari buah-buahan segar. Contohnya jeruk, kiwi, stroberi, tomat dan lain sebagainya. Anda bisa mengonsumsinya langsung, atau dikreasikan menjadi jus buah atau pun smoothies!

4. Hindari Minum Kopi dan Alkohol

cegah anemia stop alkohol

Jika vitamin C membantu penyerapan zat besi, maka kopi dan alkohol justru sebaliknya. Kedua minuman tersebut dapat menghambat kemampuan penyerapan zat besi dalam tubuh. Hal ini jusru memicu terjadi anemia.

Pada ibu yang sudah terbiasa minum kopi sebelum hamil, maka sebaiknya mulai mengontrol hal tersebut demi kelancaran pertumbuhan janin.

Catatan Sehat:

Pencegahan anemia saat hamil mudah dilakukan dengan konsumsi nutrisi yang seimbang dan menghindari kebiasaan minum kopi dan alkohol.

Namun pencegahan anemia ini juga dapat dilakukan sejak sebelum hamil, bahkan lebih baik lagi jika diterapkan sejak remaja loh!

Share this:

Fajrin Violita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *