Home » Ibu & Anak » 6 Khasiat Bayam untuk Ibu Hamil

6 Khasiat Bayam untuk Ibu Hamil

Khasiat sayur bayam untuk ibu hamil tidak dipungkiri lagi. Sayuran hijau ini telah dikenal dengan segudang nutrisinya.  

Bayam mengandung vitamin A, B, C, E, dan K serta mineral seperti magnesium, folat, kalium, dan zat besi. Sayuran ini juga menjadi salah satu sumber omega-3, serat, dan flavonoid. Sangat baik untuk sistem imunitas tubuh!

Dengan segudang khasiat bayam, maka tak heran direkomendasikan untuk memasukkan sayuran ini sebagai salah satu asupan makanan untuk ibu hamil. Nutrisi yang terkandung sangat bermanfaat untuk menjaga ibu hamil sehat dan menunjang perkembangan janin.

Simak ulasan berikut untuk mengetahui manfaat sayur bayam untuk ibu hamil:

1. Pencegahan Anemia pada Ibu Hamil

anemia ibu hamil

Saat hamil, volume darah dalam tubuh ibu meningkat sehingga mengambil lebih banyak zat besi dan asam folat. Jika kekurangan zat besi tersebut maka dapat menyebabkan anemia ibu hamil.

Nah, bayam lagi-lagi menjadi makanan baik untuk ibu hamil. Manfaat mengkonsumsi bayam saat hamil menjadi cara alami untuk memenuhi kebutuhan zat besi dan meningkatkan produksi sel darah merah sehingga mengatasi anemia ibu hamil.

2. Suplai Asam Folat Bagi Ibu dan Janin

Asam folat dikenal sebagai nutrisi utama untuk perkembangan janin. Bayam menjadi salah satu makanan yang mengandung asam folat tinggi untuk ibu hamil.

Salah satu khasiat bayam dengan asam folatnya adalah berperan mendorong terhadap pertumbuhan tulang belakang dan mencegah keguguran.

3. Menjaga Tekanan Darah Ibu Hamil

tekanan darah ibu hamil

Kehamilan sehat tentu perlu menjaga tekanan darah. Pasalnya, ibu hamil diketahui sangat rentan mengalami preeklampsia dan eklampsia. Kondisi tersebut tidak baik untuk perkembangan bayi dalam kandungan.

Dengan sayur bayam, kandungan nitrat mampu menjaga sirkulasi darah di dalam tubuh ibu hamil. Kalsium yang ada juga membantu menjaga kadar tekanan darah pada kehamilan loh!

4. Merangsang Perkembangan Saraf Janin

Tidak hanya ibu hamil sehat, selama kehamilan perkembangan janin menjadi perhatian utama. Nah, khasiat sayur bayam ini juga sangat baik untuk perkembangan sistem saraf bayi dalam kandungan loh!

Hal tersebut karena adanya vitamin B yang sangat penting untuk perkembangan sistem saraf sang janin. Semakin yakin kan untuk menyediakan bayam sebagai asupan makanan untuk ibu hamil!

5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

kesehatan tulang ibu hamil

Ibu hamil dan menyusui membutuhkan kalsium yang cukup untuk kesehatan tulang dan gigi. Sebab bayi dalam kandungan pun memperoleh kalsium dari dalam tubuh ibu hamil.

Manfaat mengkonsumsi bayam selama kehamilan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium tersebut. Bayam memang dikenal sebagai makanan untuk kesehatan tulang.  

Selain itu, bayam juga berperan penting dalam perkembangan saraf yang sehat, otot, dan juga peredaran darah. Nutrisi lengkap untuk ibu hamil sehat!

6. Menurunkan Stress Selama Hamil

Stres adalah hal yang lumrah selama masa kehamilan. Penting bagi ibu hamil untuk mengatur management stress dengan baik.

Jangan khawatir, sayuran hijau ini juga bisa menjadi stres relief ibu hamil loh! Lagi-lagi bayam mengandung vitamin B yang berperan menurunkan tingkat stres dan memperbaiki suasana hati ibu hamil.

Jika bosan mengolah menjadi sayuran, para ibu hamil bisa membuat jus atau smoothies bayam sebagai sarapan di pagi hari, segar dan berkhasiat!

Catatan Sehat:

Nah khasiat sayur bayam memang tak ada habisnya. Secara umum manfaatnya telah banyak dirasakan. Tentu sayuran ini sangat direkomendasikan sebagai asupan makanan untuk ibu hamil sehat.

Segudang manfaat seperti asam folat pun berperan penting bagi pertumbuhan bayi dalam kandungan. Tidak ada alasan untuk menolah bayam dalam menu makan kita!

Share this:

Fajrin Violita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top