CatatanSehat » Kesehatan Masyarakat » Posyandu : Pelayanan Dasar bagi Ibu dan Anak

Posyandu : Pelayanan Dasar bagi Ibu dan Anak

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) adalah salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan.

Program tersebut bertujuan memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Dalam pelaksanaannya, beberapa kegiatan yang dilakukan Pos Pelayanan Terpadu setiap bulannya adalah:

  • KIA (Ibu Hamil, Nifas, Menyusui, Bayi, Balita)
  • Keluarga Berencana
  • Imunisasi
  • Program Gizi
  • Penanggulangan & pencegahan Diare

5 Meja Posyandu

Program yang didampingi oleh Puskesmas ini memberdayakan masyarakat sebagai kadernya. Maka dari itu ketika pelaksanaannya, maka dibuatlah 5 meja yang memiliki tugas berbeda.

Meja pertama ditempati bagian pendaftaran, lalu meja kedua dilakukan penimbangan dan pengukuran balita. Setelah itu dilanjutkan ke meja ketiga yaitu pencatatan hasil dari penimbangan dan pengukuran yang telah dilakukan sebelumnya.

Berikutnya pada meja keempat, ibu akan memperoleh penyuluhan dan pelayanan seputar gizi balita, ibu hamil dan ibu menyusui. Lalu pada meja terakhir diisi dengan pelayanan kesehatan berupa KB (Keluarga Berencana) dan Imunisasi.

Pengelolaan posyandu telah disusun dalam sebuah pedoman oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Download Panduan Pengelolaan Posyandu). Sehingga dengan adanya pedoman tersebut diharapkan dapat melancarkan jalannya posyandu.

Catatan Sehat:

Posyandu merupakan program yang sangat baik dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak. Keberhasilan program ini tentunya akan berdampak positif bagi tumbuh kembang anak.

Share this:

Fajrin Violita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *