CatatanSehat » Ibu & Anak » Perut Gatal Saat Hamil? Ikuti 6 Tips Ini Agar Terhindar dari Stretch Mark

Perut Gatal Saat Hamil? Ikuti 6 Tips Ini Agar Terhindar dari Stretch Mark

Saat hamil perut ibu terus membesar. Seiring membesarnya perut, rasa gatal di perut mulai muncul dikarenakan kulit yang mengalami perenggangan.

Menggaruk perut menjadi salah satu larangan saat hamil. Sebab tidak sedikit yang mengatakan menggaruk perut saat hamil beresiko menimbulkan bekas yang disebut stretch mark. Umumnya stretch mark akan muncul setelah memasuki usia kehamilan 6 bulan.

Rasa gatal yang dialami ibu hamil adalah hal normal sehingga tidak perlu khawatir berlebihan. Beberapa penyebab muncul rasa gatal tersebut adalah:

  • Perenggangan Kulit, Rasa gatal yang timbul disebabkan oleh kulit yang merenggang mengikuti perubahan ukuran perut yang membesar. Akibatnya pori-pori terbuka dan membuat kulit mudah kering dan memicu rasa gatal.
  • Perubahan Hormon, Tidak hanya di perut, rasa gatal bisa muncul diarea tubuh lainnya. Hal ini wajar karena ibu hamil mengalami perubahan hormon estrogen yang juga menyebabkan kulit kering dan gatal.

Rasa gatal semakin terasa ketika memasuki trimester akhir kehamilan tentu membuat calon ibu tidak nyaman. Berikut adalah tips yang dapat dilakukan untuk meredakan rasa gatal di perut saat hamil:

1. Gunakan Pelembab

minyak pelembab

Perut yang gatal karena kering tentu butuh pelembab. Ibu hamil bisa menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, atau krim pelembab lainnya untuk melembabkan kulit. Hal ini juga bermanfaat sebagai treatment menghilangkan stretch mark yang terlanjur muncul.

2. Kompres Air Dingin

kompres air dingin

Rasa dingin dipercaya mengurangi sensasi rasa gatal di perut. Ibu hamil bisa menggunakan kain yang lembut untuk kompres pada area yang gatal dan diamkan selama 10 menit.

3. Gunakan Pakaian Longgar dan Nyaman

pakaian ibu hamil

Ibu hamil sebaiknya menghindari menggunakan pakaian yang ketat, sebaliknya pakailah pakaian yang longgar dan nyaman dengan bahan yang mudah menyerap keringat.

4. Gunakan Sabun dengan Bahan Lembut dan Tanpa Pewangi

sabun hamil

Pemilihan sabun saat hamil juga penting. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit. Ibu hamil bisa memilah sabun dengan bahan-bahan yang lebih bersahabat dengan kulit.

5. Hindari Mandi Air Hangat

air hangat

Air hangat justru menyebabkan kulit kering dan memicu rasa gatal, oleh karena itu ibu hamil sebaiknya tidak sering-sering mandi atau berendam pada air yang hangat.

6. Rutin Potong Kuku

potong kuku

Saat terasa gatal di perut, ibu hamil sulit untuk menahan diri agar tidak menggaruk. Oleh karena itu, potong kuku menjadi penting untuk menghindari luka akibat garukan di area kulit yang gatal. Kuku yang pendek juga lebih sehat dan terhindar dari kuman atau bakteri.

Catatan Sehat:

Perubahan hormon dan membesarnya perut membuat perut menjadi mudah gatal. Usahakan untuk tidak menggaruknya ya! Lakukan tips diatas untuk meringankan gejala gatal yang muncul.

Share this:

Fajrin Violita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *