CatatanSehat » Ibu & Anak » 4 Cara Mencegah Stretch Mark Sejak Hamil

4 Cara Mencegah Stretch Mark Sejak Hamil

Saat hamil, salah satu perawatan kulit yang dilakukan ibu hamil adalah untuk mencegah munculnya stretch mark. Kondisi tersebut kerap dikaitkan dengan rasa gatal pada perut yang jika digaruk akan menjadi asal mula munculnya stretch mark.

Stretch mark atau juga dikenal dengan istilah striae, yaitu kondisi pada kulit dimana muncul garis-garis beruntai pada kulit yang muncul pada kulit di bagian perut, payudara, pinggul, bokong, atau paha. 

Umumnya, kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, baik perempuan maupun laki-laki. Pada ibu hamil, stretch mark akan muncul setelah memasuki usia kehamilan 6 bulan.

Sebelum stretch mark terbentuk, kulit akan menipis dan muncul garis atau guratan kemerahan, kadang disertai rasa gatal-gatal. Kemudian garis tersebut akan berubah menjadi warna putih yang kemudian akan menghilang, bisa dalam hitungan bulan atau tahun.

Khusus pada ibu hamil, langkah pencegahan tidak ada salahnya dilakukan sejak hamil agar stretch mark tidak muncul. Berikut tipsnya:

1. Perbanyak Air Putih

air putih

Jaga kulit agar tetap terhidrasi sebab jika kulit kering akan menimbulkan rasa gatal sehingga menjadi pemicu munculnya guratan.

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi air putih paling sedikit 8 gelas atau 2 liter per hari. Lebih banyak pun lebih baik untuk menjaga kesehatan kulit.

2. Gunakan Pelembab

pelembab kulit

Salah satu perawatan ibu hamil yang aman dilakukan adalah menggunakan pelembab kulit. Ibu hamil bisa menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, aloe vera atau krim pelembab lainnya.

Saat ini telah banyak produk pelembab dalam bentuk losion, krim, atau cairan yang berguna untuk mencegah stretch mark. Hal tersebut juga menjadi cara menghilangkan stretch mark saat hamil.

3. Konsumsi Makanan Sehat

makanan sehat

Ibu hamil dianjurkan untuk konsumsi buah-buahan, sayur, sereal, dan biji-bijian. Makanan seperti tersebut mengandung nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan kulit.

Salah satu larangan saat hamil adalah makanan berlemak tinggi, mengandung zat kimia dan tinggi garam karena berpotensi menimbulkan pembengkakan saat hamil.

4. Gunakan Vitamin E

vitamin e

Vitamin E mengandung antioksidan yang bagus untuk kulit. Untuk mencegah stretch mark, ibu hamil dapat mengonsumsi suplemen vitamin E sesuai anjuran dokter.

Opsi lain, ibu hamil bisa mencari produk pelembab kulit yang kaya akan vitamin E. Kandungan tersebut juga menjadi cara menyamarkan stretch mark jika sudah terlanjur muncul.

Catatan Sehat:

Ibu hamil perlu waspada munculnya stretch mark yang mungkin akan muncul setelah memasuki usia kehamilan 6 bulan.

Jika rasa gatal mulai muncul sebisa mungkin tidak digaruk. Lakukan tips diatas untuk mencegah guratan-guratan tersebut.

Share this:

Fajrin Violita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *