CatatanSehat » Kecantikan » Mudah diaplikasikan, 5 Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah

Mudah diaplikasikan, 5 Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah

Madu telah lama dikenal sebagai bahan alami yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Cairan alamiah yang diperoleh dari sarang lebah ini nyatanya juga menjadi incaran kaum wanita yang ingin menjaga kecantikan kulit wajah.

Secara umum, madu untuk kulit dipercaya untuk menyembuhkan luka dan mengurangi peradangan. Dalam perawatan wajah, madu menjadi eksfoliator alami untuk menghilangkan kulit yang kering dan kusam.

Kondisi lingkungan seperti paparan sinar matahari, polusi, make up dan kebiasaan tidak menggunakan tabir surya dapat menjadi beberapa alasan timbulnya berbagai masalah pada kulit wajah.

Dibandingkan mengeluarkan banyak uang untuk perawatan elit, baiknya gunakan madu murni sebagai masker wajah anda. Hasil sarang lebah ini telah banyak digunakan sebagai masker alami untuk kulit kusam. Tak hanya itu, banyak manfaat lain bagi kulit yang harus kamu tahu.

Simak penjelasan lebih rinci kegunaan madu untuk kecantikan wajah berikut ini:

1. Mencerahkan Wajah

wajah cerah

Cairan dari sarang lebah ini menjadi solusi alami terbaik untuk memutihkan kulit. Khasiat antibakterinya dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi kulit dari kuman loh!

Kamu cukup mencampur madu dengan bahan alami lain, seperti jeruk nipis. Keduanya dapat menajdi masker alami untuk memutihkan wajah. Setelah mengoleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

2. Melembabkan Kulit Wajah

Wajah kering dan kusam tentu sangat dihindari. Madu dapat menjadi cara melembabkan wajah secara alami. Adanya kandungan senyawa humektan didalamnya diyakini mampu merawat kulit kering.

Gunakan madu asli sebagai masker wajah untuk menghidupkan kembali kelembapan cahaya kulit Anda.

Nah buat kamu yang memiliki kulit berminyak, jangan khawatir! Manfaat madu untuk wajah juga bisa kamu dapatkan karena zat pemanisnya mempertahankan kelembapan dan elastisitas kulit.

3. Menghilangkan Bekas Jerawat

wajah bebas jerawat

Jerawat adalah masalah inti dalam perawatan wajah hampir semua wanita. Zat antiinflamasi dan antibakteri dalam madu mampu meredakan peradangan dan berperan sebagai penghilang bekas jerawat.

Selain itu, sifat antiseptik dan antioksidan tidak hanya memperbaiki kulit yang rusak tetapi juga dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan bekas luka dari jerawat loh!

Sebaiknya gunakan madu murni sebagai masker wajah guna menjadi cara menghilangkan bekas jerawat kamu ya!

4. Membersihkan Pori-Pori

Sifat antioksidan, antibakteri dan antiseptik pada cairan dari sarang lebah ini membantu membuka pori-pori kulit, membersihkannya dan menghilangkan komedo. Bahan alami ini ampuh membersihkan pori-pori Anda dari minyak dan kotoran.

Cara mengecilkan pori-pori dan menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami ini mudah saja. Campurkan madu, lemon dan sejumput gula lalu pijatkan pada wajah anda dengan gerakan memutar. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Mencegah Penuaan Dini

wajah keriput

Penuaan dini dapat dicegah dengan cairan alamiah dari sarang lebah ini. Kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan juga antioksidan dipercaya mencegah timbulnya keriput pada wajah. Adanya antioksidan termasuk flavonoid dan polifenol juga membantu melawan kerusakan kolagen loh.

Seperti telah disinggung sebelumnya, cairan alamiah ini melembapkan, menenangkan, dan mengenyalkan kulit sehingga sangat cocok dijadikan sebagai ramuan mencegah penuaan dini pada wajah. Pada saat yang sama juga mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Catatan Sehat:

Menggunakan madu pada menjadi masker wajah secara teratur dan rutin akan menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga lebih bersih, lembab, cerah, awet muda serta bebas dari jerawat tentunya.

Ingat, sebelum mengoleskannya, selalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit. Pilih madu asli yang tidak memiliki campuran bahan-bahan kimia sebagai bahan masker wajah kamu ya!

Share this:

Fajrin Violita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *