CatatanSehat » Kecantikan » Kenali 4 Ciri Kulit Sensitif, Wajib Tahu!

Kenali 4 Ciri Kulit Sensitif, Wajib Tahu!

Kulit sensitif perlu perhatian khusus dalam perawatannya. Sebab jenis kulit ini sangat mudah beraksi menimbulkan iritasi jika terpapar udara yang kering dan dingin, juga produk yang tidak sesuai.

Secara umum terdapat 5 jenis kulit, yaitu normal, kering, berminyak, kombinasi dan terakhir adalah kulit sensitif. Setiap jenis tentu membutuhkan perawatan yang berbeda.

Bagi kamu dengan jenis kulit ini kondisi iritasi akan sangat mengganggu karena rasa gatal, perih, tersengat  atau sensasi kulit kencang.

Umumnya, jenis kulit ini disebabkan seringnya gonta ganti produk atau efek dari pengobatan tertentu yang mengakibatkan lapisan kulit terluar mengalami pengelupasan dan menipis.

Berikut adalah ciri-ciri kulit wajah yang sensitif:

1. Kulit Mudah Memerah

wajah memerah karena kulit sensitif

Ciri ciri kulit wajah sensitif salah satunya adalah sangat mudah memerah. Reaksi kemerahan tersebut dapat muncul sebagai reaksi terhadap paparan atau penggunaan suatu bahan.

Jika kamu pemilik kulit ini menggunakan suatu produk dan kulit menjadi iritasi dan memerah, maka segera hentikan penggunaan tersebut.

2. Mudah Muncul Bercak atau Ruam

bercak

Ruam dan bercak juga menjadi ciri kulit sensitif, hal ini muncul karena efek suatu produk. Cuaca yang ekstrem juga dapat menimbulkan reaksi ini.

Oleh karena itu, disarankan bagi kamu yang kulitnya sensitif, sebelum membeli produk, aplikasikan terlebih dulu dibawah lengan atau dibelakang telinga untuk melihat adanya reaksi ruam atau tidak. Sebaiknya konsultasikan juga dengan ahlinya.

3. Kulit Kering dan Mudah Mengelupas

wajah kering

Kulit kering adalah ciri khas kulit wajah yang sensitif. Akibatnya kulit menjadi mudah mengelupas karena kurangnya kelembapan.

Jenis kulit ini perlu hati-hati dalam melakukan perawatan kulit dengan eksfoliasi. Jika berlebihan maka dapat menimbulkan pengelupasan yang parah. Sebaliknya, gunakan pelembab dengan kandungan aman.

4. Mudah Terasa Gatal

wajah gatal karena kulit sensitif

Ciri rasa gatal ini dialami karena kulit kering yang parah. Oleh karena itu pemilik jenis kulit ini perlu treatment wajah khusus.

Terlalu sering mencuci muka agaknya tidak disarankan. Lebih baik gunakan pelembab dengan menggunakan produk perawatan yang lebih lembut guna menghidrasi kulit dan menjaga kelembapan alami kulit.

Catatan Sehat:

Pemilihan skin care untuk kulit wajah yang sensitif perlu dilakukan dengan hati-hati. Jika kamu menggunakan suatu produk baru dan mengalami iritasi, jangan buru-buru mengganti produk perawatan kulit Anda. Disarankan untuk hentikan pemakaiannya selama beberapa minggu sebelum menggunakan produk baru lainnya.

Share this:

Fajrin Violita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *