CatatanSehat » Kesehatan Masyarakat » Cegah COVID-19 dengan Penerapan GERMAS

Cegah COVID-19 dengan Penerapan GERMAS

Corona Virus Disease (Covid-19) telah menjadi pandemi selama tahun 2020 ini. Berbagai kementrian telah bekerjasama untuk melakukan penanggulangan untuk penyakit menular yang masih merajalela ini.

Salah satu program Kementrian Kesehatan yang telah dicanangkan jauh sebelum pandemi terjadi adalah GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Program tersebut dibuat untuk mengatasi triple burden mulai dari masalah penyakit menular, penyakit tidak menular hingga munculnya jenis penyakit yang seharusnya telah diatasi.

Pencegahan Covid-19 sangat erat dengan penerapan GERMAS. Sebab disebutkan bahwa penyakit ini dapat dilawan dengan sistem imunitas yang baik.

Berikut adalah beberapa poin GERMAS yang dapat dilakukan guna menghambat penularan virus tersebut:

1. Selalu mencuci tangan pakai sabun

cuci tangan cegah Covid-19

Cuci tangan sebelum dan sesudah makan juga setelah beraktivitas sangat penting. Banyak benda yang mungkin anda sentuh dalam keseharian, meja, kursi, gagang pintu dan lain sebagainya dapat menjadi media perpindahan virus.

Dengan mencuci tangan menggunakan sabun, lapisan lemak virus tersebut akan mati sehingga tidak dapat menulari anda.

2. Makan dengan gizi yang seimbang

Makanan bergizi

Sistem imun yang kuat menjadi kunci bebas dari virus ini. Oleh karena itu masyarakat dihimbau untuk terus menjaga asupan makanan bergizi, minum air mineral 8 gelas/hari dan bila perlu mengonsumsi vitamin tambahan.

Penting untuk diingat agar makan makanan yang dimasak dengan sempurna dan hindari sumber daging dari hewan yang berpotensi menularkan Covid-19.

3. Rajin berolahraga dan istirahat yang cukup

olahraga untuk cegah Covid-19

Sama halnya dengan makanan bergizi. Rajin berolahraga ditujukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jogging dipagi hari sembari berjemur menjadi rekomendasi untuk anda!

Selain itu, bagi anda yang masih sibuk dengan segudang pekerjaan, jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Tubuh yang lelah akan mudah terserang penyakit.

4. Tidak merokok

tidak merokok

Bagi para perokok sangat disarankan untuk segera berhenti. Hal ini dikarenakan merokok dapat menurunkan sistem ketahanan tubuh. Sementara virus corona akan sangat mudah menyerang pada orang yang memiliki sistem imunitas lemah.

5. Selalu gunakan masker

gunakan masker

Di era adaptasi baru penggunaan masker menjadi hal wajib. Tujuannya adalah menghalangi masuknya virus melalui hidung ataupun mulut.

Gunakan masker medis atau masker kain yang baik agar virus dapat terhalang dengan maksimal. Sertakan pula pembersih tangan dalam tas anda saat melakukan aktivitas diluar rumah!

Catatan Sehat:

Lakukan 5 hal diatas untuk menjaga diri anda tetap sehat dan jauh dari COVID-19. Kurangi aktifitas diluar rumah jika tidak penting. Selalu terapkan 3M (Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Menggunakan Masker) ya!

Share this:

Fajrin Violita

One thought on “Cegah COVID-19 dengan Penerapan GERMAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *