Home » Makanan Sehat » 7 Khasiat Susu Kambing Tak Kalah dari Susu Sapi

7 Khasiat Susu Kambing Tak Kalah dari Susu Sapi

Susu kambing punya banyak kelebihan yang tak kalah dari susu sapi. Dari segi rasa pun tak kalah gurih nan penuh nutrisi, patut dicoba.

Kelebihan susu kambing terlihat dari kandungan flourin hingga 10x lipat lebih tinggi, tentu baik untuk sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungan laktosa atau gula alami sangat rendah dibanding susu sapi.

Bagi kamu yang kurang darah, susu ini dapat meningkatkan zat besi dalam tubuh untuk pembentukan hemoglobin baru. Hebatnya lagi, adanya zinc dan magnesium memperkuat jaringan saraf dan membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan saraf.

Simak beberapa poin berikut untuk mengetahui lebih banyak manfaat susu kambing!

1. Melancarkan Air Susu Ibu (ASI)

ASI Ekslusif

Ibu hamil wajib tahu kandungan susu yang satu ini. Kalsiumnya mencapai 6 kali lipat lebih banyak dibanding susu sapi biasa. Penting untuk tumbuh kembang janin serta lancarkan produksi asi lancar setelah melahirkan.

Susu kambing baik dikonsumsi oleh ibu hamil terutama ketika masuk usia 6 bulan untuk mendorong produksi ASI. Selama menyusui juga baik dikonsumsi untuk mendukung ASI ekslusif.

2. Meningkatkan Kecerdasan Anak

anak cerdas dan pintar

Manfaat susu kambing untuk kesehatan anak salah satunya adalah untuk membantu perkembangan kecerdasan dan daya ingatnya.

Kandungan Riboflavin (vitamin B2) dan vitamin B3 yang dipercaya dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan sel otak serta saraf. Susu ini menjadi rekomendasi pendamping makanan ibu hamil muda agar anak cerdas.

3. Menyehatkan Jantung

jantung sehat

Dibandingkan susu sapi, susu kambing memiliki kandungan asam lemak esensial yang tinggi seperti linoleat dan arakidonat. Kandungan tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol total dan menjaga kadar trigliserida dalam tubuh.

Asam lemak tersebut juga menjadi sumber energi yang cepat dibakar sehingga tidak disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Hal ini tentu baik untuk sirkulasi darah dan menjaga kesehatan jantung

4. Mengatasi Asam Lambung

asam lambung

Penderita asam lambung baiknya mulai mengonsumsi susu kambing. Adanya zat antasida alami dan mineral alkaline dapat menurunkan limbah asam yang menumpuk dilambung.

Selain itu, kandungan zat protein yang tinggi baik untuk sistem organ pencernaan karena dapat menyembuhkan masalah pencernaan juga memperkuat otot-otot kerongkongan agar asam lambung tidak naik dengan mudah.

5. Cegah juga Obati Diabetes

diabetes

Telah disebutkan sebelumnya, kandungan laktosa pada susu kambing tergolong rendah sehingga baik untuk mencegah naiknya gula darah.

Susu ini juga memiliki A2-Betakasein dan asam amino esensial yang dapat membantu proses pembentukan insulin, hal ini tentu baik sebagai menu diabetes.

6. Anjuran untuk Diet

diet

Sekali lagi kandungan laktosa yang rendah menjadi kelebihan susu kambing. Kandungan lemak dan proteinnya dapat dicerna dengan mudah oleh lambung, serta membakar lemak dengan cepat menjadi alasan susu ini rekomendasi untuk menu diet kamu!

Sebaiknya minum susu ini setelah selesai makan, agar rasa kenyang dapat bertahan lebih lama.

7. Merawat Kecantikan Kulit

kesehatan-kulit

Para wanita disarankan untuk mengonsumsi susu ini. Ini bisa menjadi cara merawat kesehatan kulit secara alami karena kandungan asam laktat, vitamin C, vitamin B, niacin, dan thiamin berguna untuk regenerasi kulit mati,.

Selain itu kandungan silikon, mineral yang secara positif memengaruhi kulit, rambut, kuku dan sistem saraf membawa manfaat bagi kesehatan kulit dan meningkatkan kecantikan.

Catatan Sehat:

Semua jenis susu jelas bermanfaat bagi tubuh. Bagi kamu yang masih asing dengan susu kambing maka tidak ada ruginya mencoba.

Kandungannya membawa manfaat meningkatkan kekebalan tubuh baik pada anak maupun dewasa!

Share this:

Fajrin Violita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top