CatatanSehat » Makanan Sehat » Segudang Manfaat Pola Vegetarian Bagi Kesehatan Tubuh

Segudang Manfaat Pola Vegetarian Bagi Kesehatan Tubuh

Pola makanan vegetarian jelas memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, pola tersebut menghindari makanan yang bersumber dari daging yang memiliki lemak berlebih. Sehingga banyak orang menerapkan sebagai cara diet mereka.

Vegetarian diartikan sebagai pola makan sehat yang bebas dari daging atau ikan dan hanya mengonsumsi makanan yang bersumber dari nabati, misalnya sayuran, buah, serta kacang-kacangan.

Diawal penerapannya mungkin akan sedikit sulit dijalani karena banyak makanan favorit yang harus ditinggalkan, utamanya jika kamu adalah pecinta daging.

Pola hidup ini jelas memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Garis besarnya, karena kurang mengonsumsi daging, maka dapat terhindar dari lemak berlebih. Sebaliknya, tubuh akan kaya protein nabati yang sehat.

Berikut adalah manfaat pola vegetarian bagi kesehatan tubuh:

1. Mengurangi Risiko Kanker

cegah kanker

Makanan vegetarian dipercaya dapat menurunkan risiko kanker karena makanan yang dikonsumsi mengandung zat antioksidan, mineral, fitokimia, dan juga vitamin.

Kandungan serat, vitamin, mineral, isoflavon yang ditemukan dalam kedelai, buncis, kacang tanah, serta karoten ditemukan dalam wortel, kentang, brokoli, kangkung, bayam, tomat , paprika merah mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit, termasuk kanker.

Nutrisi yang didapat dari penerapan pola hidup ini juga bisa meningkatkan sistem imunitas loh!

2. Vegetarian Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

jantung sehat

Sayur, buah dan kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati. Menu vegetarian tersebut tentu dapat menurunkan tingkat risiko terhadap penyakit jantung dan juga kolesterol.

Pasalnya, pola makan tersebut bebas lemak jahat sehingga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Menyehatkan Sistem Pencernaan

vegetarian untuk kesehatan pencernaan

Menu vegetarian berupa sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan yang kaya akan serat. Makanan yang kaya akan serat telah terbukti melancarkan  sistem pencernaan tubuh.

Manfaat yang diperoleh adalah mencegah masalah pencernaan seperti sembelit, hingga masalah lain yang lebih serius seperti wasir hingga kanker usus.

4. Menu Vegetarian untuk Menjaga Berat Badan Ideal

berat badan ideal vegetarian

Bentuk tubuh tetap ideal dapat dengan mudah diperoleh jika menerapkan pola makanan vegetarian. Sebab konsumsi sayur dan buah yang memiliki serat tinggi membuat merasa cepat kenyang dan akhirnya mengurangi aktivitas ngemil.

Selain itu serat bisa melancarkan sistem pencernaan serta menjaga metabolisme tubuh sehingga berat badan tetap terkontrol.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

kesehatan kulit

Sayur dan buah sebagai menu vegetarian memang kaya vitamin dan juga mineral. Kedua kandungan tersebut merupakan kunci untuk kesehatan kulit.

Konsumsi sayuran dan buah yang mengandung lebih banyak mineral serta antioksidan dapat melancarkan sirkulasi darah dan menjaga pigmen kulit.

Catatan Sehat:

Sayur dan buah tidak bisa dipungkiri lagi khasiatnya bagi kesehatan. Hal ini menjadi penunjang bagi para vegetarian untuk menerapkan pola makan sehat.

Nah bagi kamu yang ingin mendapatkan segudang manfaat diatas, tidak ada salahnya untuk segera mencoba pola hidup ini.

Share this:

Fajrin Violita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *