CatatanSehat » Makanan Sehat » Resep Susu Kurma: Mudah dan Menyehatkan

Resep Susu Kurma: Mudah dan Menyehatkan

Susu kurma adalah salah satu minuman yang berkhasiat dikonsumsi saat berbuka dibulan puasa. Minuman tersebut memiliki rasa gurih dengan legit serta dapat diminum panas atau dingin. Saat ini minuman tersebut menjadi tren tidak hanya saat bulan puasa saja.

Buah kurma pada dasarnya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan karena adanya kandungan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kurma juga mengandung serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Mencegah penyakit kronis seperti jantung, kanker diabetes karena adanya kandungan antioksidan seperti flavonoid, karorenoid, dan asam fenolik.

Bagi ibu hamil, buah satu ini sangat disarankan karena dapat menjadi sumber energi yang baik, utamanya jika mengalami emesis di trimester awal. Manfaat lainnya adalah mencegah anemia serta menjadi induksi alami sehingga melancarkan proses persalinan.

Resep Susu Kurma

Mengonsumsi kurma secara langsung memberi banyak manfaat. Namun memadukannya dengan susu tak kalah kaya nutrisi. Berikut adalah resep susu kurma untuk 1 gelas:

Bahan yang diperlukan:

  • 6-7 butir kurma
  • 200 ml susu UHT
  • 150 ml air
  • 1/2 sendok madu
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  • Cuci bersih kurma terlebih dahulu, lalu pisahkan biji dan daging kurma.
  • Masukkan kurma, susu, air, madu dan es batu jika ingin.
  • Blender hingga halus dan siap disajikan.

Jumlah kurma dapat disesuaikan dengan ukuran kurma yang digunakan. Jika ingin lebih halus, hasil blender tersebut dapat disaring terlebih dahulu. Pemberian madu dapat disesuaikan dengan selera sebab kurma telah memberikan rasa manis.

Catatan Sehat:

Minuman racikan dari susu sapi dan kurma segar yang dihaluskan ini kaya akan nutrisi sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi rutin oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Share this:

Fajrin Violita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *