Home » Makanan Sehat » Kenali 8 Manfaat Asparagus bagi Kesehatan

Kenali 8 Manfaat Asparagus bagi Kesehatan

Asparagus, sayuran hijau dengan rasa unik dan segudang manfaat. Sayur yang satu ini jarang ditemui di pasaran, namun kita tak asing mendengar menu masakan sup asparagus atau mungkin anda menemukannya sebagai pendamping steak.

Di balik rasanya yang lezat, banyak manfaat diperoleh bagi kesehatan tubuh, kecantikan hingga kesehatan ibu hamil. Sayuran ini mengandung antioksidan, anti-inflamasi, vitamin C, vitamin E, vitamin K , asam amino dan asam folat.

Berikut adalah segudang manfaat asparagus bagi kesehatan wajib tahu:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

kesehatan jantung dengan asparagus

Asparagus baik untuk kesehatan jantung karena mengandung vitamin B yang berfungsi mengatur kadar asam amino homocysteine dalam darah dan mencegah penyakit jantung.

Vitamin B mengatur kadar asam amino homcysteine supaya selalu stabil. Kandungan serat larut juga bermanfaat untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

2. Menjaga Kadar Gula Darah

kontrol gula darah dengan asparagus

Asparagus mengandung kalori dan karbohidrat yang tergolong rendah. Sayur ini bisa menjadi contoh menu makanan untuk diabetes.

Serat, folat, vitamin A, C, E, dan K serta kromium dan mineral kecil yang meningkatkan kemampuan insulin untuk mengangkut glukosa dari aliran darah ke dalam sel. Sangat cocok dikonsumsi sebagai menu diabetes bagi seseorang yang memiliki kadar gula tinggi  

3. Menjaga Kesehatan Mata

mata sehat konsumsi asparagus

Kandungan vitamin A dalam Asparagus sangat baik bagi kesehatan mata. Sebab vitamin A berfungsi dalam menjaga sumber penglihatan atau mata.

Selain itu, kandungan antioksidan akan membantu menjaga mata sehat dengan melindungi retina dari kerusakan akibat radikal bebas. Adapun asam amino dan glutathione dalam asparagus juga dapat membantu mengurangi terjadinya risiko penyakit mata seperti rabun senja dan katarak.

4. Merawat Kesehatan Kulit

asparagus untuk kulit sehat

Asparagus punya manfaat bagi kesehatan kulit kita. Kandungan antioksidan glutathione, Vitamin A dan asam folat berfungsi mencegah proses penuaan dini pada kulit seperti mengangkat noda dan kerutan kulit. Kandungan itu juga dipercaya bisa mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau polusi.

Asparagus juga dapat dijadikan sebagai obat alami bagi para penderita eksem. Kandungannya dipercaya dapat membersihkan darah sehingga eksem (dermatitis eczema) yang diderita akan berangsur hilang.

5. Mencegah Batu Ginal

cegah batu ginjal

Sayur asparagus dipercaya mampu mencegah penyakit batu ginjal karena mengandung diuretik alami. Diuretik diketahui membantu mengeluarkan cairan garam berlebih, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita edema dan orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Diuretik juga dapat membantu mengeluarkan racun atau toksin di ginjal sehingga mencegah mengatasi pengendapan toksin yang dapat berakibat penyakit ginjal.

6. Menyehatkan Sistem Pencernaan

sistem pencernaan sehat

Asparagus adalah makanan yang baik untuk sistem organ pencernaan karena kandungan serat dan vitamin C Asparagus mengandung inilin, yakni karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh.

Kandungan mineral kalsium dan fosfor yang cukup tinggi dapat menurunkan kemasaman lambung dan mendorong enzim pencernaan dapat bekerja dengan baik sehingga makanan dapat dicerna dengan sempurna.

Sistem pencernaan manusia juga membutuhkan asupan serat yang cukup. Kandungan serat tidak larut yang tinggi bermanfaat untuk memperlancar gerakan usus sehingga bisa dikonsumsi untuk mengatasi gangguan pada sistem pencernaan.

7. Menjaga Berat Badan

berat badan ideal

Asparagus wajib masuk dalam daftar makanan rendah kalori. Karena kandungan kalori dalam jumlah yang rendah, yaitu sekitar 20 kalori dalam setengah cangkir, sayur ini menjadi rekomendasi makanan sehat untuk diet.

Selain itu, kandungan serat bisa membantu tubuh untuk merasa kenyang sehingga mencegah kamu dari makan dalam jumlah banyak. Rekomendasi terbaik untuk menu diet kamu.

8. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

kesehatan ibu hamil

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, asparagus kaya akan kandungan vitamin B9 atau asam folat. Kandungan tersebut menjadi manfaat asparagus untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi selama masa kehamilan terutama di trimester pertama kehamilan.

Asupan folat berperan penting pada pembentukan sel darah merah dan DNA, serta melindungi buah hati dari cacat tabung saraf agar terhindar berbagai komplikasi di kemudian hari. Sayuran ini wajib ada di menu makanan ibu hamil muda agar anak cerdas.

Catatan Sehat:

Olahan asparagus menjadi rekomendasi terbaik untuk menu harian kamu. Jenis sayuran ini dapat ditemukan di beberapa supermarket.

Sayuran ini juga menjadi rekomendasi untuk penderita diabetes dan orang yang hendak mengontrol berat badan berlebih!

Share this:

Fajrin Violita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top