Home » Umum » Fakta Asal Usul Parfum Aroma Musk yang Mengejutkan

Fakta Asal Usul Parfum Aroma Musk yang Mengejutkan

Parfum musk banyak digemari oleh berbagai kalangan. Aroma yang popular ini memiliki banyak varian seperti white hingga bluberry musk yang diekstrak dari tumbuhan dan buah-buahan.

Varian ini digemari banyak orang karena aromanya yang hangat dan sensual. Namun ternyata awal pembuatan aroma musk bukanlah dari tumbuhan, tetapi bahan dasarnya berasal dari rusa.

Simak fakta berikut tentang asal usul aroma musk:

Bahan Dasar Musk dari Rusa

rusa kesturi untuk parfum

Ternyata aroma musk ini berasal dari sekresi wewangian yang diproduksi oleh kelenjar perut rusa jantan tanpa tanduk atau disebut rusa kesturi. Kelenjar ini mengeluarkan feromon yang kuat untuk menarik pasangan.

Dalam dunia binatang, rusa kesturi adalah salah satu hewan langka yang dilindungi. Hewan ini masih bisa dijumpai di area hutan di pegunungan India, Tibet, Pakistan, Siberia, dan Mongolia.

Faktanya kelenjar rusa penghasil aroma musk tersebut menjadi salah satu sumber alam yang paling mahal. Harga kantung kelenjar rusa ini bisa mencapai 632 juta rupiah per satu kilogram loh!

Awal Mula Penggunaan Musk dalam Parfum

sejarah zaman kuno aroma musk

Kelenjar perut rusa kesturi telah menjadi bahan baku wewangian parfum musk sejak zaman kuno. Yaitu di wilayah timur kekaisaran Romawi (Byzantium) dan Arab pada abad ke-6.

Pada zamannya bahan aroma musk ini sempat dicampurkan ke bahan baku tembok untuk membangun masjid. Kemudian ketika terpapar matahari, aroma khas musk tersebut akan merebak dari dinding masjid.

Seorang filsuf asal Arab bernama Al-Kindi, penulis ratusan risalah tentang parfum, menyebutkan musk merupakan bahan yang banyak terdapat dalam parfum. Alhasil kelenjar asal rusa ini sebagai barang mewah yang paling berharga yang diimpor dari Timur!

Bahan Baku Musk Saat Ini

tumbuhan aroma musk

Penggunaan kelenjar rusa menjadi bahan parfum tentu menjadi hal mengejutkan. Fakta ini tentu membuat para penggemar pafrum musk gelisah jika aroma yang digunakannya bersumber dari jual beli hewan langka.

Fakta lainnya, rusa kesturi adalah hewan langka yang dilindungi. Oleh karena itu, sumber bahan baku musk kemudian tidak lagi menggunakan hewan tersebut melainkan berasal dari beberapa jenis tanaman.

Saat ini produk parfum beraroma musk menggunakan jenis tanaman yang memiliki aroma yang hampir sama dengan kelenjar rusa kesturi. Beberapa tanaman yang digunakan adalah Garden Angelica (Angelica archangelica), Musk Flower (Mimulus moschatus) Abelmosk or Ambrette seeds (Abelmoschus moschatus).

Catatan Sehat:

Parfum dengan aroma musk menjadi wewangian yang banyak digemari karena aroma natural yang manis, creamy dan bahkan disebut mirip aroma kayu-kayuan.

Bagi kamu pecinta parfum musk kini tidak perlu takut karena aroma yang dihasilkan tidak lagi menggunakan rusa, melainkan ektraks dari berbagai macam jenis tanaman dan buah-buahan.

Share this:

Fajrin Violita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top