CatatanSehat » Kecantikan » 6 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bruntusan

6 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bruntusan

Menghilangkan bruntusan tidaklah sulit jika dilakukan sesegera mungkin. Berbeda dengan jerawat yang perlu waktu lama, perawatan wajah bruntusan lebih mudah dilakukan dengan bahan-bahan alami.

Bruntusan ini sendiri diartikan suatu kondisi di mana terdapat bintik-bintik kecil berwarna kemerahan di sekitar area wajah. Bintik tersebut bisa muncul di dahi, dagu maupun pipi dalam jumlah yang banyak.

Masalah ini umumnya disebabkan karena tidak telaten dalam membersihkan wajah, utamanya pada wanita yang rutin menggunakan make up.

Wajah bruntusan tentu sangat mengganggu penampilan. Berikut adalah treatment untuk wajah bruntusan menggunakan bahan-bahan yang selalu ada dirumah kamu:

1. Es Batu

es batu untuk bruntusan

Es batu telah terbukti dapat meredakan bruntusan di wajah. Caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu mengoleskan es batu pada daerah wajah yang mengalami bruntusan.

Sensasi dingin dari es batu juga mengurangi rasa gatal dan kemerahan pada wajah akibat beruntusan. Es batu bisa menjadi cara menghilangkan bruntusan paling efektif jika dilakukan secara rutin.

2. Lemon

lemon

Lemon kaya akan vitamin C, itulah mengapa bahan ini selalu menjadi solusi untuk masalah kulit.

Cara menghilangkan bruntusan di dagu, dahi atau daerah wajah lainnya dengan lemon mudah saja. Kamu hanya perlu mengoleskan perasan lemon didaerah wajah bruntusan. Diamkan 15-20 menit lalu bilas hingga bersih.

3. Tomat

tomat untuk kulit wajah

Sama halnya dengan lemon, tomat juga dikenal memiliki kangungan vitamin C yang tinggi. Antioksidan didalamnya juga dapat mengatasi peradangan pada kulit.

Tomat dapat dihancurkan dengan blender lalu gunakan sebagai masker untuk mengatasi kulit kering dan bruntusan diwajah kamu.

4. Madu

madu

Madu punya segudang manfaat untuk kulit. Bahan alami yang bermanfaat untuk melembabkan kulit dan mengatasi kulit kusam. Cairan dari sarang lebah ini juga ampuh sebagai cara mengatasi kulit kering dan bruntusan.

Gunakan madu murni pada wajah kamu, diamkan 30 menit lalu bilas hingga bersih. Sangat mudah diaplikasikan!

5. Lidah Buaya

lidah buaya untuk bruntusan

Lidah buaya dikenal dengan kandungan vitamin E yang baik untuk kulit. Umunya digunakan untuk mengatasi iritasi atau luka bakar.

Sensasi dingin yang diberikan dapat meredakan rasa gatal pada bruntusan. Cara penggunaannya sangat mudah, hanya perlu mengoleskan lidah buaya pada wajah lalu diamkan dan jangan lupa membilas dengan air bersih.

Jika kesulitan untuk menemukan tumbuhan ini, kamu bisa menemukan produk olahan seperti aloe vera dalam bentuk gel yang siap digunakan.

6. Cuka Apel

cuka apel untuk kulit wajah

Cuka apel banyak dicari kaum wanita sebagai bahan perawatan kulit wajah. Sebab cairan ini dikenal sebagai cara menghilangkan bruntusan paling efektif.

Cara penggunaannya sangat mudah, gunakan kapas halus untuk mengusapkan cuka apel pada daerah wajah yang mengalami bruntusan. Bagi yang pertama kali menggunakan cairan ini harus bisa menahan aromanya yang sangat kuat ya!

Catatan Sehat:

Bahan-bahan perawatan wajah bruntusan diatas sangat mudah untuk ditemukan, tentu tidak memerlukan biaya yang mahal pula.

Kuncinya adalah mengaplikasikan secara rutin dan telaten. Serta jangan lupa untuk mencuci wajah sebelum dan sesudah menggunakan bahan tersebut ya!

Share this:

Fajrin Violita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *