Manfaat Tooth Mousse untuk Gigi Anak

Manfaat Tooth Mousse kini banyak diperbincangkan. Produk untuk kesehatan gigi ini disebut dapat menjaga kekuatan gigi mulai dari bayi.

Masalah gigi pada anak yang sering terjadi adalah karies. Karies dapat muncul karena kebiasaan anak suka makan makanan manis dan jarang menyikat gigi.

Sisa makanan yang mengandung gula bisa bereaksi dengan bakteri yang ada di gigi dan menghasilkan asam pada permukaan email gigi. Asam ini dapat mengikis mineral pada enamel gigi dan lama-lama menyebabkan lubang kecil.

Baca juga: 5 Rekomendasi Pasta Gigi Bayi yang Aman

Perawatan gigi yang utama tentu adalah menggosok gigi dengan benar. Namun kini, ada satu lagi perawatan gigi susu yang dapat diberikan kepada anak, yakni tooth mousse.

Apa saja Manfaat Tooth Mousse untuk Bayi dan Anak?

Manfaat Tooth Mousse

Tooth Mousse merupakan krim oles untuk gigi yang memiliki kandungan kalsium fosfat, yaitu mineral yang membentuk jaringan gigi. Kandungan ini diambil dari protein susu. Manfaatnya adalah untuk meremineralisasi struktur gigi dan menggantikan struktur kalsium fosfat yang hilang pada permukaan email gigi.

Baca juga: 7 Makanan dengan Sumber Kalsium Tinggi

Selain itu, krim oles gigi ini disebut baik untuk meningkatkan pH air liur dan mencegah terjadinya demineralisasi atau hilangnya mineral gigi yang mengawali terbentuknya lubang gigi.

Apakah benar Manfaat Tooth Mousse bisa mengatasi lubang pada gigi? Jawabannya tidak. Tetapi proses terjadinya lubang pada gigi tidak berlanjut jika mengaplikasikan krim oles ini pada white spot di gigi.

Saat ini Tooth Mousse memiliki dua jenis, yaitu yang biasa tanpa kandungan flouride untuk anak dibawah 6 tahun dan versi plus memiliki kandungan fluoride untuk anak lebih dari 6 tahun.

Perlu diingat bahwa Tooth mousse tidak bisa digunakan sebagai pasta gigi karena tidak mengandung bahan-bahan untuk membersihkan gigi. Ini hanya berguna sebagai pelindung tambahan gigi.

Baca juga: 7 Makanan dengan Sumber Kalsium Tinggi

Cara menggunakan Tooth Mousse yang benar adalah oleskan sedikit menggunakan jari atau cotton bud, diamkan 2-3 menit. Anak boleh minum setelah 30 menit kemudian tanpa perlu berkumur-kumur. Produk ini cenderung aman sehingga tidak masalah jika tertelan.

Catatan Sehat:

Perlu diingat, tooth mousse ini hanya bisa diberikan pada anak yang tidak memiliki alergi terhadap produk susu sebab kandungan utamanya adalah kasein susu.

Leave a Reply